Al-Qaeda tidak di Lebanon , namun Ahlussunah meningkat

Kelompok Ekstimis Lebanon
Lebanon - Para pemuka agama dan pakar politik yakin bahwa Al-Qaeda belum hadir di Lebanon, Serangan bom bunuh diri baru-baru ini yang menargetkan Kedutaan Besar Iran di Beirut yang mendorong spekulasi organisasi Al-Qaeda  telah meletakkan akar nya di sini.

Namun, mereka percaya bahwa ideologi Salafi yang mengagungkan dakwah wal  jihad terus meningkat di Lebanon. Allahu akbar!

Badih Qarhani , seorang wartawan yang telah menulis tentang gerakan Islam di Lebanon, mengesampingkan kemungkinan bahwa Al – Qaeda beroperasi di negara itu.

“Saya percaya bahwa sampai sekarang , Al – Qaeda belum hadir di
Lebanon meskipun pertumbuhan gerakan Salafi pada umumnya dan jihad pada khususnya  begitu pesat” Qarhani pada The Daily Star.

Qarhani mengatakan bahwa perbedaan harus dibuat antara Al – Qaeda , jihad Salafi dan “Takfiri”. Takfiri adalah istilah menghina yang digunakan untuk menggambarkan muslim Sunni yang mengecap orang lain kafir atas kekafiran yang mereka lakukan.

Qarhani mengatakan bahwa Libanon akan menyaksikan munculnya revolusi kelas baru Islam akibat dari perang saudara di negara tetangga Suriah.

“Situasinya berbeda sekarang karena pecahnya krisis Suriah”, kata Qarhani . ” Ada puluhan Salafi Lebanon berjuang bersama Mujahidin Jabhat An Nusrah di suriah, yang memiliki doktrin mirip dengan Al – Qaeda . Setelah mereka kembali ke Lebanon , dapat dipastikan bahwa badan keamanan negara akan berurusan dengan jenis kelompok yang sama sekali berbeda dari  Kelompok Islam Lebanon yang sekarang “, Allahu akbar!

Qarhani telah bertemu anggota kelompok gerakan Salafi di Pakistan , Afghanistan , Kashmir dan Bosnia . Ia juga mengklaim telah bertemu dengan pemimpin Taliban Mullah Omar pada tahun 2002.

Dia bersikeras bahwa Al – Qaeda belum hadir di Lebanon saat ini.

” Organisasi Islam yang sekarang tidak memiliki kesamaan dengan gerakan yang ada di Irak , Suriah dan Pakistan.

Wartawan itu mengatakan ia percaya ada kelompok di Lebanon  dalam Al – Qaeda , mengutip Ziad Jarrah sebagai contoh. Jarrah adalah di antara 19 orang yang melakukan serangan 11 September 2001, serangan di Amerika Serikat . Al – Qaeda mengaku bertanggung jawab atas operasi tersebut.

Serangan bom bunuh diri 19 November melawan Kedutaan Besar Iran di lingkungan Bir Hasan menewaskan 30 orang dan melukai puluhan lainnya . Tak lama setelah itu, yang diidentifikasi sebagai pembom Lebanon adalah Mouin Abu Dahr , yang berasal dari Sidon dan Adnan Mousa Mohammad , seorang warga Palestina dari kamp pengungsi Ain al- Hilweh.

Sebuah kelompok Al – Qaeda yang berafiliasi dengan Brigade Abdullah Azzam , mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan tersebut .

Sheikh Sirajeddine Zuraiqat  membuat ancaman bahwa Brigade Abdullah Azzam akan melakukan serangan lagi sampai Hizbullah menarik para tentaranya dari Suriah.

Menteri Pertahanan Fayez Ghosn Caretaker setelah kejadian tersebut segera bahwa Al – Qaeda beroperasi di Lebanon .

Mengulangi pendapat Qarhani , pengkhotbah Islam Tripoli yaitu Syaikh Omar Bakri Muhammad sepakat bahwa Al – Qaeda belum hadir di Lebanon.

Syaikh Omar Bakri Muhammad mengatakan serangan terhadap Kedutaan Besar Iran membawa keunggulan dan kemenangan untuk Al – Qaeda.

” Saya berharap Al – Qaeda ada di Lebanon . Ini adalah operasi  syahid gaya Al-Qaeda pertama ” kata Syaikh Omar  Bakri.

“Ketika Al – Qaeda melakukan operasi, sesegera meriliskan pernyataan bertanggung jawab . Biasanya , ketika sebuah kelompok jihad melakukan bom bunuh diri , wawancara dengan para muwahid  yang direkam [ sebelum serangan ] untuk mendorong umat muslim dan pemuda-pemuda  untuk melakukan hal mulia yang sama” kata Syaikh Omar.

“Saya bukan bagian dari organisasi tersebut, tapi saya percaya pada ajaran Al – Qaeda dan kelompok-kelompok jihad Salafi  lainnya” kata Syaikh Omar di kediamannya, yang penuh dengan bendera Islam.

Syaikh Omar Bakri mengatakan tidak mungkin untuk memverifikasi apakah Brigade Abdullah Azzam sebenarnya bertanggung jawab atas serangan kedutaan  tersebut. ” Saya mencoba menelepon Sheikh Sirajeddine Zuraiqat beberapa kali tapi dia tidak menanggapi , baik dari Libanon maupun dari Suriah”.

Related

News 7784039321124903438

Posting Komentar

emo-but-icon

Archive

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item