Pemberontak Syi'ah Houthi dan Suku Sunni Yaman Lakukan Gencatan Senjata

lembah dammaj 
SANA'A - Pemberontak Syi'ah dan orang-orang bersenjata dari suku Sunni berkuasa Hashid di Yaman utara menyepakati gencatan senjata pada
hari Rabu (8/1/2014) setelah tiga hari bentrokan intens, sumber suku dan media resmi mengatakan.

Pertempuran meletus pada hari Senin ketika pemberontak Syi'ah Huthi berusaha untuk merebut kota-kota Wadi Khaywan dan Usaimat, benteng dari suku Hashid di provinsi Amran, kata sumber-sumber.

Namun bentrokan berhenti pada akhir Rabu setelah komisi presiden dimediasi gencatan senjata yang mulai berlaku pada 7:00 pagi, sumber di daerah itu kepada AFP.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk penyebaran pengamat untuk memastikan gencatan senjata diamati, dan para petempur akan mulai meninggalkan posisi mereka pada Kamis pagi, kata kantor berita negara Saba.

Pemberontak Syi'ah yang dikenal sebagai Houthi telah meluncurkan serangan sebagai pembalasan atas dukungan suku Sunni Hashid untuk kelompok Salafi yang melawan Syi'ah Huthi di Dammaj.

Kota utara di provinsi Saada telah dikepung oleh pemberontak Syi'ah Houthi selama berbulan-bulan.

Menurut saksi, bentrokan itu menewaskan dan melukai puluhan orang meskipun AFP tidak dapat mengkonfirmasi korban karena sulitnya mengakses daerah tersebut.

Sumber-sumber suku mengatakan pertempuran telah meningkat pada Rabu, sementara pemberontak Syi'ah Houthi dari kelompok Ansarullah mengatakan pada situs mereka bahwa mereka telah merebut beberapa benteng suku Sunni Hashid.

Selama pertempuran, seorang pemimpin Hashid, Hashim al-Ahmar, lolos dari serangan tetapi penjaga dan empat saudaranya gugur, kata sumber-sumber suku.

Presiden Yaman Abdrabuh Mansur Hadi mengirim komisi mediasi ke provinsi pada hari Selasa.

Pemberontak Syi'ah Houthi telah memerangi pemerintah Sanaa selama hampir satu dekade di Saada tetapi pecahnya pertempuran dengan mujahidin Sunni telah memperdalam dimensi kerusuhan sektarian.

Pertempuran yang meletus pada akhir Oktober telah berpusat pada sebuah masjid dan sekolah Al-Quran milik kelompok Sunni penganut Salafi di Dammaj.

Tapi konflik telah menyebar di provinsi-provinsi utara, melibatkan suku-suku Sunni yang waspada terhadap kekuatan pemberontak Syi'ah Huthi, yang telah berulang kali dituduh menerima dukungan dari Iran.

Pemberontak Syi'ah Houthi menuduh Sunni radikal di Dammaj mengubah pusat kota menjadi "barak nyata bagi ribuan orang asing bersenjata" , referensi untuk sekolah Al-Qur'an Dar al-Hadits, di mana para mahasiswa asing belajar.

Pada tanggal 6 Januari, Komite Internasional Palang Merah mengatakan telah mengevakuasi 34 orang terluka dalam bentrokan di Dammaj.

ICRC mengatakan telah berhasil memasuki kota enam kali sejak pertempuran dimulai kembali pada 24 Oktober.

Related

Yaman 7329926098636117013

Posting Komentar

emo-but-icon

Archive

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item