Orang Kepercayaan Syaikh Aiman Al-Zawahiri, Abu Khalid As-Suri Gugur di Suriah

 Orang Kepercayaan Syaikh Aiman Al-Zawahiri, Abu Khalid As-Suri Gugur di Suriah
Abu Khalid As-Suri, salah seorang tokoh jihad dan orang kepercayaan Syaikh Aiman
Al-Zawahiri di Suriah dikabarkan syahid terbunuh pada Ahad, 23 Februari di Aleppo. 

Kabar kesyahidannya telah menyebar dari akun twitter para jihadis di Suriah sejak kemarin dan diperkuat oleh pernyataan resmi dari Jabhah Nusrah yang dirilis Al-Manarah Al-Baidha pada Ahad malam.
 
Syaikh Abu Khalid As-Suri yang bernama asli Muhammad Bahaiah dikenal sebagai salah satu pendiri brigade jihad Ahrar Syam dan masuk dalam jajaran tokoh senior gerakan jihad tersebut hingga kesyahidannya.

Salah seorang petinggi Ahrar Syam, Hassan Aboud mengkonfirmasi kesyahidan Abu Khalid melalui akun twitternya pada Ahad pagi. 

Abu Khalid dinyatakan terbunuh bersama sejumlah mujahidin lainnya di salah satu markas mujahidin di Aleppo oleh serangan bom bunuh diri.

Tidak ada pernyataan resmi yang menyatakan bertanggung jawab melakukan serangan bom bunuh diri terhadap tokoh pemersatu jihad Suriah ini, namun beredar isu yang menuduh sekelompok tertentu terlibat dalam musibah ini.

Salah seorang pemimpin ISIS (Islamic State of Iraq and Sham), Abu Jandal Al-Kuwaiti menolak tudingan yang menyatakan ISIS berada di balik pembunuhan  Abu Khalid As-Suri. 

Dalam akun twitternya, Al-Kuwaiti mengatakan, “ISIS berlepas diri dari darah Syaikh Abu Khalid As-Suri.”

Pernyataan Al-Kuwaiti ini senada dengan pemimpin ISIS lainnya, Abu Hafs Ashim Al-Mishri. Mengomentari isu ISIS berada di balik pembunuhan ini, Al-Mishri berkomentar, “Na’udzubillah min dzalik.” 

Sementara itu, sumber-sumber yang dengan dengan Abu Khalid As-Suri, sebagaimana dinukil alsafwanews.com pada Senin (24/02) menduga bahwa Abu Khalid As-Suri dibunuh karena enggan diajak memerangi ISIS.

Musibah yang menimpa Abu Khalid As-Suri ini menyusul operasi-operasi yang menyasar pimpinan faksi jihad di Suriah. Sebelumnya, Abdul Qadir As-Shalih, komandan Liwa’ Tauhid; Abdul Aziz Al-Qatari, pemimpin Jundul Aqsha dan Haji Bakar, tokoh nomor dua ISIS. 

Lalu, siapa dan apa motivasi otak pembunuhan para pemimpin faksi-faksi jihad tersebut?

Related

Suriah 1312020722656743528

Posting Komentar

emo-but-icon

item